Jadi, sudah berapa lama gue ngeblog? Sudah dari jaman SMP kalau gak salah, dari jaman internet cuman bisa di akses di warnet - warnet yang AC-nya cuman cukup buat ngademin CPU pentium 3 bermonitor tabung super gedhe, sampe sekarang di mana semua orang bisa mengakses internet dengan mudah lewat smartphonenya. Lama memang, dari yang awalnya coba - coba, bikin blog di blogger (sebelum dibeli google) pasang widget - widgetnya yang seabrek, clock widgetlah, pemutar mp3 lah, map lah, ikan koi muter - muter lah, sampai huruf dengan efek gliter - gliter unyu kawai nan alay ituh? Ya! Gue pernah alay juga! Inget jaman My space dan Friendster? Di mana kita berlomba - lomba bikin profile kita se-anti-mainstream mungkin. Dan salah satunya ya, dengan cara pasang huruf - huruf gliter tadi. Dulu banyak banget loh yang pake! Pokoknya elo belum jadi anak gahol internet kalau profile friendster/ My Space belom rame ama huruf gliter dan macem - macem widget itu, termasuk, blog kita juga. Meskipun minim konten yak, yang penting punya blog dulu gitu.

Sampai kemudian bikin blog yang agak serius di wordpress .com(di umur anak SMA) yang memang kontennya beneran gue bikin sendiri, bahas cinta monyet, curhat ga jelas, you know, teenagers. Terus balik lagi ke blogger, karena theme di wordpress.com mentok di situ -situ aja. Terus vakum karena sibuk ujian. Kemudian balik ngeblog lagi di multiply, terus karena sepi balik bikin lagi di blogger. Gitu terus, dan ngeblog bagi gue cuman sekedar tempat gue curhat dan nulis apapun yang ada di benak gue. Tanpa mikir kalau tulisan gue bakalan ada yg baca, Blogging is all about having fun! Sampai akhirnya dulu bikin Fashion Blog, karena emang jaman - jamannya Fashion blogger lagi populer, jadi gue kaya nemu lagi jalan buat mewujudkan mimpi gue kembali. Kaya semacam hidayah, bahwasanya gue harus nge-blog, dan bisa bahagia karena itu, singkatnya, I'm inspired!


Terus, apakah gue dapet apa yang gue impikan? Belum semuanya sih, tapi kemudian, gue dapet banyak ilmu. Dari yang gue taunya ngeblog itu cuman sekedar nulis dan peduli amat ada yang baca.(udah bisa ngeluarin uneg - uneg yang ga bisa di sampaikan ke orang lain aja udah lega, plong gitu rasanya, kaya punya psikiater pribadi!) Sampai akhirnya gue yang beneran serius di dunia blogging. Gue belajar SEO, nulis konten, ngambil dan ngedit foto, styling, bikin mood board, sampai belajar design web dan utak - atik html. Semua tanpa sadar gue pelajari saat ngeblog. Bahkan gue pelajari lebih dari kegiatan ngeblog (bikin konten blog/nulis) itu sendiri. Uhmm, seperti nemu passion di dalam passion, (atau apasih istilahnya?) Yah, sampai di karenakan hal tersebut, kadang gue lupa dan bahkan mengabaikan blog gue. Pengen nulis, (banget malah), tapi berhubung datangnya job - job dari blog yang bahas soal fashion itu. Ntah dari yang job motret lah, styling lah, sampai editin photo - photo prewedding temen pun banyak. Dan itu semua job di luar gue sebagai fashion blogger. Agak melenceng dari target gue sih emang, yang dari awal udah ngarep bakal berada di front row nya Marc Jacob? Atau bolehlah dapet invitation Fashion Shownya Burberry,.. Etc. etc. etc. (Whoohoo!!! What a BIG DREAM! Wake up Ben!)

But at least, siapa yang menyangka, bahwa dari pertanyaan - pertanyaan di email semacam, "Ben, itu foto bagus banget, foto sendiri atau pake fotografer?" atau bahkan "Mood boardnya keren - keren nih, mau bantuin styling buat photo aku?" dan masih banyak puluhan pertanyaan lain yang bermula dari blog gue, kemudian berujung ke job - job freelance di luar kerjaan gue yang waktu itu masih seorang penyiar radio lokal setempat. Oke, itu bagian baiknya, gue kebanjiran kerjaan.— Sampai saat ini gue aja masih ga percaya, bahwa sebuah blog bisa membuat gue mewujudkan beberapa dream job gue. Meskipun belum berada di front row desainer -desainer besar dunia inceran gue, tapi paling ngga gue udah ngerasin sedikit banyak kerja di bidang fashion, which is I love a lot! "Then what the worst Ben? It's look's good so far,.." NO! it's not good at all darl, Justru tanpa sadari juga, saking gue terlena dengan segala kerjaan freelance aku itu, blog gue jadi terlantar. Yang biasanya setiap hari ngeposting satu photo atau artikel, sekarang jadi seminggu sekali, bahkan sebulan sekali. Kalaupun ada update-an post baru, paling cuman post berbayar yang memang wajib tayang sesuai jadwal. Gue masih kekeuh buat manage dan nulis konten buat blog gue dengan kerja keras dan buah pikiran gue sendiri. Gak ada yang namanya guest blogger, apalagi hire orang buat nulis di blog gue. I try my best to stay blogging that way, human way!. But in the end, it's the way my blog dying!

Perlahan tapi pasti, blog gue menuju ke fase hibernasi yang panjang. Apalagi setelah gue menjadi graphic designer ini. Deadline padat, ketemu klien, revisi, dan lagi pekerjaan yang satu ini memang menuntut ide yang deras siap mengucur setiap waktu. Bahkan memakan waktu gue sendiri untuk nulis blog. Sampai kemudian benar - benar tak ada waktu untuk itu. Dan mungkin ini adalah waktu terlama gue vakum ngeblog sejak awal gue kenal blog sampai sekarang udah hampir banyak ngerti tentang seluk beluknya.

Tapi namanya juga passion, "we'll find the way, not many excuses" they said. Bukannya gue kurang suka dunia desain, bukan. Gue suka nulis, suka desain grafis juga. Keduanya sama - sama membutuhkan imagi, dan menuangkan ide - ide ajaib. Dalam desain grafis gue seperti punya kekuatan untuk mewujudkan mimpi - mimpi klien gue. Bisa membuat orang lain senang karena membantu mereka mengeluarkan ide, konsep dan apa yang sudah lama ada dalam pikiran mereka. Bagi gue itu sungguh kepuasan tersendiri. Tapi, ada momen dimana tiap gue bikin desain, di pikiran gue juga suka muncul ide judul post, atau cerita seru dari temen - temen yang emang kudu dan wajib diceritakan sekedar untuk berbagi pengalaman. Gue ga bakal bisa ninggalin salah satunya. Ntah itu harus nulis aja, atau desain saja. Dan untungnya, dengan ngeblog, gue bisa melakukan keduanya. Hanya saja, saat ini gue belum bisa menggantungkan seluruh tagihan bulanan gue dengan hanya ngeblog. Yah, gaji gue as Graphic Designer still pay my bill as well so far. Memang sih, keberhasilan kecil gue ngebranding diri gue sebagai Fashion Blogger di tahun - tahun kemaren sudah cukup untuk jalan - jalan hore, belanja branded stuff, sampe nemu diskonan yang nggak semua orang bisa dapet. Terus ngga ketinggalan blog gue yang bisa pindah dari blog platform yang gratisan ke hosting dan domain sendiri. Wow! Mungkin kalau pada masa - masa itu gue terus konsisten dan menepis semuanya, dan tetap ngeblog bab fashion, nama gue sekarang uda ada di jajaran keyword google search "10 Fashion Blogger Indonesia yang wajib Anda ketahui".

Sounds great yak? Emang great! Dan semua orang termasuk diri gue sendiri juga merasa seperti itu. Sampai pada akhirnya gue mendapati diri gue dan cerita cinta gue Jilid satu, Jilid dua, Jilid tiga, kemudian Jilid empat. Yang ternyata selain membuat gue bahagia, juga membuat gue bahagia lagi, dan bahagia banget! But in the other side, urusan cinta ini bikin gue lelah juga ternyata. Dengan semua pasang surutnya, lancar dan gak lancarnya, sampai drama - dramanya jugak! Dan kali ini, kemaren lebih tepatnya, adalah masa paling lama gue beneran ga bisa healing dari yang namanya cinta, kemudian vakum ngeblog dari awal tahun sampai hampir akhir tahun ini. Lama banget yah? Iya! Butuh perjuangan sampai setahun buat gue untuk menyadari dan berani mengikhlaskan dan menyerahkan semua kepada waktu dan Penguasanya.

Duh, kok jadi melow gini yak? Urusan cinta - cintaan nya gue tulis di postingan lain aja ya! The point is, gue sekarang balik lagi, demikian pun blog gue. Dengan format baru, sehingga gue ga bakal melulu ngomongin atau ngebahas bab fashion aja, melainkan bahas banyak hal dan banyak pemikiran. Kembali ke awal ketika gue mulai ngeblog, borderless, and unlimited topic. Bukan sekedar blog yang gila pageviews lagi, kalau bisa sih one day one post. Akan tetapi, tulisan yang tulus dan bukan sekedar kejar tayang lebih utama sekarang. Yeah, terdengar klise dan chessy emang, tapi setelah pengalaman gue bertahun - tahun nge blog. Kalimat "Content is The King" itu mutlak. Boleh saja suatu blog punya banyak pageviews, tetapi tanpa isi konten yang juara, maka nggak akan terjadi yang namanya engagement, interaksi, komunikasi dua arah, (oke, apalagi namanya?) dari blogger/ penulis ke audience/ pembaca.

Udah lama banget gue terlalu mengasihani diri sendiri, uninspired, dan jadi zombie. Masa - masa healing gue dari dari sakit hati harus diakhiri, bukan cuman buat diri gue sendiri, tapi juga buat orang - orang yang berharga dan gue sayangi di sekitar gue. Ga adil rasanya kalau orang - orang di sekitar gue terkena radiasi kesedihan gue ini terus - terusan. Hehehe
So here "The New Me!" Not really new, but you'll find me even better here. Bakalan gak mudah, tapi gue akan mencoba buat selalu update blog gue ini. Well, we'll see, tugas gue dan kalian juga, silahkan ingetin gue di mana aja kalau sampai gue lupa update blog ini lebih dari seminggu. Mau di twitter, di facebook atau di instagram, monggo guenya diingetin yak. Hope you'll enjoy my new journey, my new experience, my though, my love story etc. Seneng rasanya bisa kembali. Good luck forme. Good luck everyone!

2 comments:

  1. Salam kenal. Glad you're back. Kak, pernah bikin tips tips memilih pakaian buat cowok yang badannya kurang tinggi dan gak terlalu ramping nggak? hahaha

    ReplyDelete

Powered by Blogger.